top of page

(Unduh) Model Pembelajaran Terintegrasi Kurikulum Merdeka

Model Pembelajaran Terintegrasi: Menjembatani Pengetahuan dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka hadir dengan semangat baru untuk memerdekakan guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Salah satu pendekatan yang diusungnya adalah pembelajaran terintegrasi.

Model pembelajaran ini berfokus pada penggabungan berbagai konsep dan keterampilan dari beragam mata pelajaran dalam satu kesatuan pembelajaran yang utuh.

Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami keterkaitan antar disiplin ilmu dan menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata.



Bagaimana cara menerapkan model pembelajaran terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka?

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan guru:

1. Pilih tema yang relevan

Pilihlah tema yang menarik dan bermakna bagi siswa. Tema ini bisa berasal dari isu-isu aktual, masalah di lingkungan sekitar, atau topik yang berkaitan dengan minat dan bakat siswa.

2. Identifikasi tujuan pembelajaran

Tetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur untuk setiap mata pelajaran yang ingin diintegrasikan. Pastikan tujuan pembelajaran ini sesuai dengan tema yang telah dipilih.

3. Pilih metode pembelajaran yang tepat

Gunakan berbagai metode pembelajaran yang variatif dan menarik untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran.

Beberapa metode yang bisa digunakan antara lain: diskusi kelompok, proyek, simulasi, permainan edukatif, dan lain sebagainya.

4. Kembangkan bahan ajar yang terintegrasi

Susun bahan ajar yang menggabungkan materi dari berbagai mata pelajaran. Pastikan bahan ajar ini mudah dipahami oleh siswa dan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

5. Lakukan penilaian yang berkelanjutan

Lakukan penilaian pembelajaran secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa. Gunakan berbagai instrumen penilaian yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan.


Manfaat model pembelajaran terintegrasi:

  • Meningkatkan pemahaman siswa: Siswa dapat memahami keterkaitan antar disiplin ilmu dan menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata.

  • Meningkatkan motivasi belajar: Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar karena mereka merasa belajarnya lebih relevan dan bermanfaat.

  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis: Siswa belajar untuk menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan secara kritis.

  • Meningkatkan kerjasama: Siswa belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya dalam menyelesaikan tugas dan proyek.


Contoh model pembelajaran terintegrasi:

  • Tema: Pencemaran lingkungan

  • Mata pelajaran: IPA, Bahasa Indonesia, dan Matematika

  • Kegiatan pembelajaran:

  • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran lingkungan.

  • Siswa membuat poster dan slogan untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan.

  • Siswa menghitung emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari.


Model pembelajaran terintegrasi merupakan salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Dengan menerapkan model pembelajaran ini, guru dapat membantu siswa untuk memahami pengetahuan secara lebih mendalam, berpikir kritis, dan menyelesaikan masalah dengan kreatif. Unduh modul model pembelajaran terintegrasi Kurikulum Merdeka dibawah ini.



90 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


Makacie,, 👍😄😊

Like
bottom of page