top of page

PEMANGGILAN ABRAM



Allah memanggil Abraham dari Urkasdim dan menggenapi janji tentang satu bangsa yang besar. Panggilan Abraham merupakan salah satu langkah dalam kisah keselamatan. Allah memanggil Abraham di antara jutaan orang di bumi untuk menjadi sasaran berkat-Nya. Allah menempatkan Abraham dalam suatu tempat yang akan ditunjukkan oleh-Nya.

Kehidupan Abraham meliputi bagian yang cukup besar dalam naratif Kejadian dari sebutannya yang pertama dalam Kejadian 11:26 hingga kematiannya dalam Kejadian 25:8. Meskipun banyak informasi yang tersedia tentang kehidupan Abraham, tidak banyak yang diketahui tentang kelahiran dan masa mudanya. Ketika kita pertama menjumpai Abraham, ia sudah berusia 75 tahun. Kejadian 11:28 merekam bahwa Terah, ayah Abraham, hidup di Ur-Kasdim, sebuah kota maju yang duduk di tepi Sungai Efrat di antara Teluk Persia dan kota Bagdad di daerah Mesopotamia selatan. Kita juga membaca bahwa Terah membawa keluarganya berkelana ke tanah Kanaan tetapi berdiam di kota Haran di daerah utara Mesopotamia (di rute perdagangan antara Babel dan Niniwe serta Damsyik). Penduduk Ur-Kasdim dan Haran menyembah sederet dewa Babel, terutama dewa bulan, Sin, sehingga Allah memanggil Abraham keluar dari kebudayaan berhala itu. Abraham menyadari dan mengenali panggilan Yahweh, TUHAN, dan menaati dengan sukarela, bukan secara terpaksa. Kisah Abraham mulai menarik di awal pasal 12 kitab Kejadian. Dalam ketiga ayat pertama, kita melihat bahwa Allah memanggil Abraham.

Dari kisah pemanggilan Abraham ini, kita dapat melihat bahwa ada tujuan-tujuan atau intervensi tertentu yang Allah sengaja lakukan untuk orang-orang yang dikasihiNya. Pengenalan Abraham akan Yahweh, telah menolongnya untuk keluar dari tempat yang penuh penyembah berhala, ke suatu tempat yang Ia janjikan. Meskipun Abraham harus hidup jauh dari sanak saudaranya yang lain ke tanah asing, namun Abraham tetap melakukannya karena iman dan pengenalannya terhadap Yahweh.


Dari kisah Abraham ini, kita dapat belajar beberapa hal, yaitu :

1. Allah Ingin Memanggil Kita Sebagai Bentuk Pemeliharaan-Nya

Allah telah mempersiapkan yang terbaik untuk Abraham. Pimpinan Allah yang membawa Abraham dari kampungnya merupakan bentuk pemeliharaan Allah. Allah menarik Abraham keluar dari tempat yang penuh dengan penyembah berhala an untuk menjaga Abraham dan keluarganya dari pengaruh dan dampak buruk yang mungkin terjadi akibat menyembah berhala. Selain itu, Allah juga sudah mempersiapkan sebuah tanah perjanjian sebagai bentuk pemeliharaan lainnya sebagai jaminan bahwa ketika kita dipanggil oleh Tuhan dari sesuatu yang kita pikir nyaman, maka Tuhan sudah mempersiapkan situasi yang terbaik untuk memelihara, menjamin kehidupan kita dan memakai kita menjadi berkat.


2. Taat Adalah Kunci Dalam Proses Pemanggilan oleh Allah

Salah satu bentuk keteladanan dari Abraham pada peristiwa pemanggilannya adalah reaksi Abraham. Dalam alkitab dikatakan bahwa saat Abraham dipanggil untuk pergi menuju tanah perjanjian, Abraham menunjukkan suatu ketaatan yaitu segera pergi dan memegang teguh perjanjian yang diberikan padanya meskipun keadaan saat hal itu diberitakan, Abraham tidak tahu pasti dimana tanah perjanjian tersebut berada.



DOWNLOAD GAMBAR UNTUK MEWARNAI

Gambar Bahan Abraham
.pdf
Download PDF • 2.48MB

98 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page